Puncak Perayaan Hari Jadi Kota Belopa Ke 14, Dimeriahkan Dengan Menanam Sayur Secara Serentak (Gertak) di 305 Titik Di Kab Luwu

Viewer : 84 Kali
Basmin Mattayang

Luwu, Libasnews.co.id –

Puncak perayaan hari jadi kota Palopo yang ke 14 berlangsung dihalaman belakang rumah jabatan Bupati Luwu,13/2/2020.
Momentum perayaan hari jadi kota belopa yang ke 14 kali ini dihadiri Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaeman.
Selain Wagub Sulsel, hadir pula mantan Gubernur Sulsel HM Amin Syam di jajaran Bupati dan Walikota Luwu Raya. Hadir pula Walikota Palopo Judas Amir,bupati Luwu Utara, Indah Putri, para perwakilan pemerintahan dari Kolaka, serta Kolaka Utara,turut juga hadir nggota DPRD Sulsel asal dapil Luwu Raya Fadriaty dan Rahmat Kasim dan juga Ketua Kerukunan Keluarga Luwu Raya ,Buhari Kahar muzakkar.
Dalam Sambutan Bupati Luwu H.Basmin Mattayang bahwa  peringatan hari jadi kota belopa yang ke 14 sebagai ibu kota kabupaten Luwu merupakan peristiwa bersejarah bagi seluruh masyarakat luwu  oleh karena itu kehadiran kita ditempati ini adalah sebagai ungkapan rasa syukur yang mendalam kepada Allah SWT atas apa yang kita telah kita raih, hari jadi ini juga  merupakan cermin setiap mana jati diri kita semua membawa eksistensi daerah ini kearah yang lebih baik dan lebih maju, mandiri, berdaya saing dan bernuansa  religius sejalan dengan cita2 para seluruh pelaku sejarah.
Makna yang terkandung didalam hari jadi yang kita peringati pada  hari ini  adalah bagaimana mengingatkan kita kepada ajaran kebaikan, nilai-nilai keikhlasan makna perjuangan dan pengabdian setinggi apapun gelombang maupun penghalang yang menghadang kita akan tetap melangkah untuk meraih cita-cita untuk mewujudkan masyarkat Luwu yang sejahtera lahir dan batin.
Berkaca pada sejarah masa lalu serta berbagai potensi yang kita miliki saya yakin bumi Sawerigading ini  akan menjadi salah satu motor pengerak perekonomian untuk wilayah provinsi Sulawesi selatan, hari jadi ini  merupakan momentum untuk memupuk semangat kebersamaan, persatuan, hanya kemajuan dan prestasi yang kita raih bersama namun masih banyak pekerjaan rumah yang cukup benar menanti kita untuk memajukan daerah ini.
Lanjut Bupati Luwu H Basmin Mattayang, Untuk itu pada kesempatan yang berbahagia ini saya berpesan kepada kita semua.
1. Kita harus bisa menjadi mercusuar pedoman bagi masyarakat luas dalam melaksanakan pembangunan yang penuh dengan tantangan
2. Kita harus memiliki cita-cita besar, menjadikan daerah kita menjadi daerah yang maju dan mandiri, cita-cita membuat kita bangun lebih pagi membuat kita tahan lebih lama bekerja dengan sepenuh hati dengan rasa cinta dan tanggung jawab didada
3. Bekarja dengan sebanyak pantang menyerah tantangan atau godaan apapun tidak akan menggoyahkan kita, kita tidak menyerah dengan mudah, kita akan terus berjalan menuju trek kearah cita-cita sehingga kita sampai ketempat tujuan
4. Semangat berkorban, tidak ada yang gratis dibawah matahari demikian semboyan orang-orang entertainer saya kira semboyan itu benar, apapun yang kita lakukan perlu pengorbanan.
5. Iman dan tagwa serta budaya luwu sebagai landasan berpijak atau pokok dari segalah upaya kita dalam percepatan laju pertumbuhan diberbagai bidang.
Diakhir sambutannya H Basmin Mattayang hari jadi Belopa ke -14 puncaknya di ramaikan dengan lomba Rakki. Dimana sebanyak 280 Rakki di lombakan, sekaligus digelar acara makan bersama, dimana makan bersama ini menandakan tak ada sekat antara pemerintahan maupun masyarakat Luwu.
Dalam Sambutannya pula Bupati Luwu  H Basmin Mattayang  juga menyinggung masalah pemekaran Luwu tengah
“Pak Wagub, kami sudah serahkan soal rekomendasi ke pak Gubenur soal pemekaran Luwu Tengah. Mudah mudahan bisa diteruskan segera ke bapak Presiden RI,”harap Basmin sambil mengurai ada dua figur yang paling berjasa jika Luteng mekar yakni saya sendiri sebagai Bupati Luwu dan pak Syukur Bijak sebagai motor penggerak pemekaran Luwu Tengah”.
Terpisah Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman dalam sambutannya mengungkapkan permohonan maaf atas ketidak hadiran Gubernur pada hari jadi Belopa ke -14 tahun ini.
“Pak Gubernur menitip salam dan permintaan maaf kepada masyarakat Belopa dan Luwu , beliau ada tugas mendadak dipanggil pak Presiden hari ini”, Kata Sudirman Sulaeman mengawali sambutannya.
Dia menambahkan, soal pemekaran Luwu Tengah sementara berproses dan gubernur bersama saya yakin akan fokus memperjuangkan pemekaran Luteng.
“Bahkan saya dan pak Gubernur sudah menggaungkan membuka akses jalan Bua – Rantepao ,akses Seko – Rampi dan akses jalan Sidrap -Larompong,” ujar Andi Sudirman.
Sebagai bentuk keseriusan kami,Pemprov Sulsel, telah menggelontorkan Rp138 Miliar pada anggaran pokok tahun 2020 untuk pembangunan insfrastruktur.
Selain itu pemprov juga mengucurkan  dana segar sebesar Rp 20 Miliar, dan juga memberikan bantuan 1 unit mobil Damkar, 1 unit Mobil Rescue, 1 unit Mobil Ambulance dan 1 unit mobil bus untuk dinas perhubungan adalah kado hari jadi Belopa ke- 14 dari Pemprov Sulsel yang diserahkan secara simbolis oleh Wagub Andi Sudirman.
“Saat ini, Pemprov Sulsel, terus memikirkan pembangunan secara keseluruhan di Luwu Raya. Kami terus pikirkan walaupun kami tak setiap hari ke Luwu dan Luwu Raya” ucap Wagub.
Di hari jadi kota belopa yang ke 14 dimeriakan dengan program PKK  dengan menanam sayur secara serentak ( Gertak ) di 305 titik disetiap  kecamatan/desa Kabupaten Luwu. (Fr082)

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *