Satgas Covid-19 Sulteng Siap Evaluasi Penanggulangan Pandemic

Viewer : 68 Kali
Satgas Covid-19 Sulteng Siap Evaluasi Penanggulangan Pandemic
Satgas Covid-19 Sulteng Siap Evaluasi Penanggulangan Pandemic

Palu_Sulteng, Libasnews.co.id-

Menanjaknya beberapa kasus covid di sulawesi Tangah beberap pekan ini, pihak dari Satuan Gugus Depan Covid 19 Sulteng kembali beranjak kelapangan.

Nampak di daerah pesisir kabupaten/kota yang ada di sulteng telah menjalar penyakit covid tersebut.

Hingga saat ini satgas sulteng pun bergegas persiapan kelapangan pada hari jumat 6/8/2021.

Yahdi Basma, SH., Anggota DPRD Sulteng, Fraksi NasDem, Dapil Kota Palu, selaku Anggota Pansus Covid-19 DPRD Provinsi angkat bicara mengenai persiapan keesokan harinya.

Dalam statusnya via VC mengatakan  “Insya Allah besok siang, Jum’at 06 Agustus 2021, kita fokus pada evaluasi kinerja Satgas Covid19 Provinsi/Kab/Kota dan berbagai hal-ikhwal terkait penanggulangan Pandemi ini”.

Ditambahkannya, “Malam ini saya dapat laporan soal ketersediaan Oksigen yg rawan di Kabupaten Buol. Dalam 3 hari ini juga, angka sebaran kasus POSITIF menanjak di Kabupaten Banggai, Poso dan Morowali Utara juga rentan. 

Di Kota Palu sendiri, angka Pasien ISOMAN (Isolasi Mandiri) per 4/8/2021, mencapai 868 orang dengan jumlah Nakes (termasuk yang ada di Dinkes, hanya 600 orang), dengan fakta lebih 100 orang diantaranya terpapar Covid-19, lebih banyak di lapisan Nakes surveilans (yang memantau pasien). 868 ISOMAN ini adalah input computerized hasil testing di tingkat Puskesmas se-Palu, yang masuk ke Dinkes Kota.

Aspek kritis lain, analisis saya (setelah 9 hari collecting data dari Tim Lapangan Partai NasDem & official Satgas Covid), jumlah Pasien ISOMAN yg “unreported”, tidaklah sedikit. Ada tirai psikis yg halangi warga “bergejala” untuk proaktif lakukan “testing” ke Puskesmas terdekat. Ini juga dampak buruk atas hegemoni media yg membias STIGMA. Orang jadi enggan untuk tidak menyebut malu menyandang predikat POSITIF COVID-19. 

Potret ini musti kita satukan lebih holistik untuk memastikan penanganan yang strategis dari tingkat Provinsi. Dan, kita harus menang melawannya…! Ucap beliau .

Perlu juga kita ketahui bahwa pandemic saat ini sudah memasuki level 4 di Indonesia. (re)

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *