Silaturrahim Bhabinkamtibmas Bajo bersama Tokoh Pemuda. Aipda Fahmi : “Demi Membangun Sinergitas Antara Polri Dan Seluruh Lapisan Masyarakat”.

Viewer : 86 Kali
Aipda Fahmi, Bhabinkamtibmas Bajo bersama Andi Ahkam, Ketum Pemuda Pancasila Luwu
Aipda Fahmi, Bhabinkamtibmas Bajo bersama Andi Ahkam, Ketum Pemuda Pancasila Luwu

Luwu, libasnews-
“Harmonisasi” seluruh elemen masyarakat bagian dari tugas pokok polri, yang selanjutnya membentuk satuan khusus yang dikenal dengan nama Bhabinkamtibmas merupakan salah satu langkah nyata Polri dalam mengatasi berbagai bentuk gangguan keamanan, sekaligus menciptakan ketertiban masyarakat.
Wujud dari tekad polri tersebut ditunjukkan Aipda Fahmi, S.Kom.I, anggota Bhabinkamtibmas Polsek Bajo dalam kunjungan silaturrahimnya kepada tokoh pemuda beserta tokoh agama diMasjid Baloa, Desa Bonelemo Kec. Bajo Kab. Luwu, Minggu (27/10/2019).
Dalam kunjungan silaturrahim ini, Aipda Fahmi, menyempatkan diri untuk menyampaikan pesan agama dalam kaitannya dengan upaya penciptaan keamanan dan ketertiban masyarakat.
Menurut Aipda Fahmi, langkah ini dilakukan demi membangun sinergitas antara Polri dan seluruh lapisan masyarakat.
Agenda silaturrahim yang “dilakoni” Aipda Fahmi ini pun mendapat sambutan hangat dari Ketua Pemuda Pancasila Kabupaten Luwu, A.Muhammad Ahkam Basmin, yang kini menjabat kepala bidang (kabid) mutasi BKPSDM Kab. Luwu.
Tokoh pemuda yang akrab disapa Andi Ahkam ini menjelaskan, upaya yang dilakukan Aipda Fahmi yang mendatangi langsung warga masyarakat, sekalgus memberikan pesan kamtibmas merupakan salah bentuk nyata upaya polri dalam mewujudkan slogan “pengayom”.
Menurut Andi Ahkam, dalam penegakan supremasi hukum, khususnya dikalangan masyarakat awam, pemberian pemahaman serta dampak dari pelanggaran hukum merupakan sebuah keharusan.
Tujuannya, lanjut Andi Ahkam, agar masyarakat mengetahui apakah yang dilakukan atau akan dilakukannya melanggar hukum atau tidak.
“Silaturrahim sekaligus pemberian pesan kamtibmas seperti ini merupakan bentuk konkrit pendekatan polri kepada warga dalam upaya mewujudkan keamanan dan ketertiban. Hal ini perlu apresiasi dan dijaga,” terang Andi Ahkam.
Lebih lanjut Andi Ahkam menilai, pemberian pesan kamtibmas dalam tiap kunjungan adalah bentuk pencerahan kepada masyarakat, khususnya dalam bidang hukum.
“Ini adalah bentuk penyuluhan yang sangat edukatif sekaligus inovatif karena dibawa dalam suasana bincang santai namun terarah. Semoga dengan kegiatan seperti ini, masyarakat dapat memahami hak dan kewajiban mereka, sehingga tercipta keharmonisan dalam bermasyarakat.” Harap Andi Ahkam.
Terpisah, Kapolsek Bajo, Iptu Ralim SH, menjelaskan, kegiatan silaturrahim yang mereka kenal dengal istilah “sambang”, merupakan kegiatan yang sudah menjadi rutinitasnya Aipda Fahmi.
“Kegiatan sambang ini rutin dilaksanakan oleh Aipda Fahmi, di desa binaannya sebagai upaya untuk mendekatkan diri kepada toga, tomas, toda maupun tokoh yang lainnya dan juga memberikan pesan-pesan kamtibmas.” Ungkap Kapolsek Bajo Iptu Ralim SH.
Perwira dua balok dipundak ini berharap, “sambang rutin” yang dilakukan Aipda Fahmi dapat menjadi sarana terbangunnya sinergitas antara Polri, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, serta masyarakat pada umumnya, yang pada akhirnya dapat menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif. (Ishak/R1).

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *