Wakili Bupati, Asisten I Pemkab Oku Selatan Hadiri Rakor dan Kick Off Sensus Penduduk Tahun 2020

Viewer : 33 Kali
Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Joni Rafles, AP.,M.Si., Hadiri Rapat Koordinasi dan Kick off Sensus Penduduk tahun 2020
Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Joni Rafles, AP.,M.Si., Hadiri Rapat Koordinasi dan Kick off Sensus Penduduk tahun 2020

Oku Selatan_Sumsel, Libasnews.co.id-

Mewakili Bupati OKU Selatan Popo Ali M.,B.Com. Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Joni Rafles, AP.,M.Si., Hadiri Rapat Koordinasi dan Kick off Sensus Penduduk tahun 2020. Bertempat di Aula Pemerintah Kabupaten OKU Selatan Turut hadir dalam kesempatan ini FKPD, Para Asisten, Kepala OPD, Para Camat, Para Kades serta undangan lainya, Senin (31/08/2020).

Dalam sambutan Bupati OKU Selatan yang dibacakan oleh Asisten I, mengatakan bahwa sensus penduduk ini sangat penting karena kunci sukses penyelenggaraaan SP2020 adalah saling berkoordinasi dengan baik antara petugas sensus dengan Lurah, Kepala Desa, dan satuan lingkungan setempat. Oleh karena itu pelaksanaan SP2020 September ini semua lapisan harus mendukung serta menyukseskan sensus penduduk ini, dengan menerima petugas sensus yang datang kerumah, memberikan jawaban yang jujur dan benar.

Selain itu, Sensus penduduk ini juga akan dijadikan dasar perumusan kebijakan Pemerintah untuk perencanaan pembangunan dengan mengetahui jumlah penduduk suatu wilayah berdasarkan jenis kelamin, kelompok umur dan pendidikan yang ditamatkan. Maka Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah bisa memperoleh gambaran tentang kebutuhan suatu wilayah.

Dalam laporan kepala BPS OKU Selatan Yusron, S.E.,M.Si., mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bupati & Wakil Bupati OKU Selatan beserta jajaran yang telah sangat membantu menyukseskan SP Online tahun 2020 ini.

Yusron juga menjelaskan bahwa Sensus Online yang telah dilaksanakan di Kabupaten OKU Selatan, telah diikuti oleh 19 Kecamatan dan 259 Desa yang ada di Kabupaten OKU Selatan. Sensus ini telah berlangsung dari 15 Februari sampai dengan 29 Mei 2020, dan telah sukses, serta melebihi dari capaian target.

“Berkat partisipasi masyarakat OKU Selatan, maka Pemerintah OKU Selatan meraih piagam penghargaan oleh BPS RI atas capaian respon Rate SP Online sebesar 30,69% yang melebihi target awal yang hanya 20,38%. Capaian ini tentunya berkat peran serta seluruh lapisan masyarakat yang telah mendukung SP Online ini,” jelas Yusron.

Kepala BPS juga menambahkan, bahwa Sensus Offilne sendiri atau sensus lapangan akan dilaksanakan dari tanggal 1 September sampai 15 September tahun 2020, dengan menurunkam 308 orang petugas sensus yang akan melakukan verifikasi daftar penduduk dengan berkoordinasi dengan kepala lingkungan atau kepala dusun dan membagikan formulir C1 dan akan di isi secara mandiri oleh masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama sebagai ucapan terima kasih Pemerintah Kabupaten OKU Selatan bersama BPS OKU Selatan memberikan Piagam penghargaan kepada OPD, Kecamatan dan Desa yang telah berpartisipasi aktif dalam menyukseskan SP tahun 2020 ini.
Berikut daftar Instansi yang mendapat Penghargaan Dari Pemerintah Kabupaten dan BPS OKU Selatan.
1. POLRES OKU Selatan
2. Dinas Komunikasi dan Informatika
3. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
4. Dinas Pendidikan
5. Kantor Kementrian Agama
6. Kecamatan Sindang Danau
7. Kecamatan BPR Ranau Tengah
8. Kecamatan Warkuk Ranau Selatan
9. Kecamatan Simpang
10. Kecamatan Mekakau Ilir
11. Kecamatan Buay Rawan
12. Desa Simpang Sender
13. Desa Tanah Pilih
14. Desa Padang Ratu
15. Desa Sukabumi
16. Desa Tanjung Besar
17. Desa Villa
18. Desa Bedeng Tiga
19. Desa Ruos
20. Desa Tanjung Jati
21. Desa Sukamarga. Alv

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *