Walikota Palopo, Drs. H. Muh. Judas Amir, MH., Tekankan Sensus Harus Sukses 100 Persen

Viewer : 36 Kali
IMG-20200831-WA0042
walikota palopo, Drs. H. Muh. Judas Amir, MH., tekankan sensus harus sukses 100 Persen

Palopo, Libasnews.co.id-

Sensus harus sukses 100 persen. Hal ini ditekankan walikota palopo, Drs. H. Muh. Judas Amir, MH., dihadapan Kepala BPS kota palopo dan jajarannya saat mengikuti Rapat koordinasi (Rakor) dalam rangka pelaksanaan sensus penduduk september 2020 propinsi sulawesi selatan, di Rujab SaokotaE, Senin, (31/8/2020). Rakor yang digelar secara virtual itu dibuka wakil gubernur sulawesi selatan, A. Sudirman Sulaiman.
“Jika sensus gagal, perencanaan akan gagal. Karena kebijakan yang akan kita ambil berdasarkan hasil dari sensus, data yang akurat dari sensus yang telah kita laksanakan,” ungkap walikota.

Walikota melanjutkan, bayangkan jika hal yang disampaikan masyarakat tidak sesuai dengan yang sebenarnya. Walikota mencontohkan, jika yang sebenarnya 1, namun yang dilaporkan 15 itukan tidak sesuai. Jika seperti itu, maka akan gagal.

Walikota meminta kepada BPS dan jajarannya untuk mensosialisasikan sensus ini kepada masyarakat. Walikota pun memberikan saran, jika bisa setiap kecamatan nanti diadakan pertemuan yang bisa menghadirkan petugas atau pendamping sensus itu. disitu bisa kita sampaikan, jika memungkinkan juga, bisa setiap warga bisa kita suruh bawa data kependudukannya, supaya bisa langsung kita daftar,” ujarnya.

Disela rakor, kepala BPS kota palopo, Ruben, menyerahkan piagam penghargaan yang diterima langsung walikota palopo. Penghargaan itu atas dukungan pelaksanaan sensus penduduk 2020 yang dilaksanakan secara online.
“Prestasi kita itu, kita masuk dalam 3 besar, capaian kita melampaui target di sulsel. Kita berhasil mencapai 43 persen dari 21 persen yang ditargetkan,” ungkap Ruben.

“Sensus penduduk september 2020 propinsi sulsel ini, lanjut Ruben, menurunkan 109 petugas sensus lapangan. “Itu kita rekrut dari Tiga (3) sumber, yakni dari mitra statistik, rekomendasi lurah dan pendaftar umum,” jelasnya.

Pada rakor virtual itu, selain kepala bps palopo, walikota juga didampingi asisten 2, Kadis Kominfo, Disdukcapil, kadis persandian dan statistik kota palopo.

Jalannya Rakor

Kepala BPS sulsel, Yos Rusdiansah menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada jajaran pemprov sulsel serta pemerintah kab/kota
atas dukungan pada pelaksanaan sensus penduduk 2020 secara daring yang dilakukan pada 15 februari sampai 29 mei 2020.
Berkat dukungan itu, di sulsel, capaian sensus online mencapai 21persen, itu melebihi target yang ditetapkan pusat yakni 17 persen.

Sebanyak 5953 petugas yang akan bertugas selama bulan september nanti, perekrutan berdasarkan kewilayahan/domisili serta melalui seleksi yang transparan oleh bps kab/kota.

Sementara itu, Wakil Gubernur sulsel, A. Sudirman Sulaiman, dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini sangat penting karena BPS ini adalah sumber kita dalam mengambil kebijakan, sumber kita mengambil sebuah keputusan sumber kita dalam pengumpulan data yang akurat di lapangan.
“Dengan itu pemangku kepentingan bisa mengambil kebijakan yang tepat dengan berpedoman pada data-data yang akurat yang telah dikumpulkan di lapangan,” ujarnya. (Hms/Agghacheno85)

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *