Walikota Palopo Gelar Rakor Penanganan Satgas Covid-19 Ditiap Kelurahan

Viewer : 75 Kali
IMG-20210425-WA0017
Rapat koordinasi dalam rangka membahas penanganan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 di setiap Kelurahan kota Palopo

Palopo, Libasnews.co.id-

Rapat koordinasi dalam rangka membahas penanganan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 di setiap Kelurahan kota Palopo yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan Ratona Kantor Walikota Palopo, Minggu, 25 April 2021.

Sekretaris Daerah kota Palopo, Drs. Firmanza, DP.,SH.,M.SI menyampaikan sesuai dengan instruksi Menteri dalam negeri RI tentang perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat dengan mengoptimalkan posko penanganan Covid-19 di Kelurahan maka dengan itu akan dibentuk kembali Tim Covid-19 Kelurahan di kota Palopo.

“Sebelumnya di masing-masing kelurahan memiliki tim Covid-19 yang berjumlah 11 orang, dan nantinya sesuai kesepakatan para Lurah apakah Tim tersebut kembali di gunakan atau membentuk tim yang lain”.

“Untuk menyeleksi tim siapa-siapa yang akan dimasukkan itu diserahkan kepada Lurah namun yang betul-betul ingin bekerja” jelasnya .

Ada beberapa fungsi tim Covid-19 kelurahan disebutkan Sekda diantaranya fungsi pencegahan melakuman kerjasama dengan puskesmas melakukan tracing dan tracking yang terkontaminasi Covid-19, kemudian fungsi penanganan, fungsi pembinaan dan fucngsi pendukung dan pelaksanaan.

Pada kesempatan yang sama Walikota Palopo, Drs. H.M. Judas Amir.,MH menyampaikan dua hal yaitu pertama agar para Lurah segera melakukan pengecetan bibir drainase di masing-masing wilayahnya.

Hal yang kedua disampaikan Walikota mengenai Covid-19 akan dibentuk tim kelurahan yang nantinya tugas kelurahan dan bagaimana tata cara pelaksanaannya secara teknis akan disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan.

“Semoga dengan apa yang dilakukan di kota Palopo bisa sukses untuk menangani dan tidak ada yang bertambah pasien yang terkontaminasi Covid-19”.

“Kita diharapkan untuk bisa agar bagaimana caranya Covid-19 bisa ditangani di wilayah kita masing-masing”, sambungnya.

Walikota Palopo juga meminta kepada para Lurah jika ada tamu yang datang bisa diperiksa dulu agar dampak dari penyakit Covid-19 bisa terhindar.

Selain itu, Walikota melanjutkan bahwa Lurah bersama tim agar terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait hal tersebut karena anjuran pemerintahan pusat sejak tanggal 22 April tidak boleh lagi ada bepergian begitu saja kecuali ada kepentingan.

“Jadi itu salah satu tugas yang akan dilakukan di tim kelurahan. Dan selalu berkoordinasi dengan tim Covid-19 yang ada di Dinas Kesehatan”, tutur Walikota.

Sementara itu, Kadis kesehatan kota Palopo, Taufiq mengatakan dalam instruksi Mendagri, kita tidak dilarang melakukan kegiatan namun pembatasan dalam melaksanakan kegiatan.

“Instruksi ini mengingatkan kita kembali bagaimana pencegahan Covid-19 dan sudah jelas dalam instruksi Menteri dalam Negeri membuat posko di kelurahan masing-masing”.

Adapun yang perlu kita galakkan salah satunya pencegahan dengan melakukan penyuluhan kepada masyarakat terkait protokol kesehatan 3M. 

Turut hadir pula pada kesempatan itu Asisten I Bidang Pemerintahan Setda kota Palopo, Drs. H. Burhan Nurdin, M.Si, Kepala BPKAD kota Palopo, H. Samil Ilyas Para Camat dan Lurah se-kota Palopo. (Hms/Agghacheno85)

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *